ELMATRIA

EKSPLORASI MATEMATIKA CERIA

Selasa, 13 Januari 2009

bilangan prima terbesar

TAHUKAH kamu berapa bilangan prima terbesar? Baru-baru ini bilangan itu baru saja ditemukan setelah peneliti bernama Josh Findley memakai bantuan komputer. Temuan ini merupakan bagian proyek komputer besar-besaran yang disebut great internet mersenne prime search (GIMPS).
Bilangan prima terbesar itu mengandung 7.235.733 digit. Bayangkan berapa banyak angka yang harus dipakai. Untuk menuliskannya saja dengan lengkap, diperlukan waktu enam minggu. Jika ditulis, panjangnya bisa mencapai 25 kilometer.
Proyek GIMPS ini melibatkan 240 ribu jaringan komputer. Sementara itu, Findley merupakan seorang relawan pada Mersenne.org. Ia memakai komputer pribadinya dan sebuah software (perangkat lunak dalam komputer) gratisan. "Saya masih terkejut dengan temuan ini. Bahkan, meskipun lima tahun menjalankan GIMPS di komputer pribadi. Saya tidak menyangka bisa menemukan bilangan prima itu," kata Findley tentang temuannya itu.
Findley memakai komputer 2,4 GHz Pentium 4 Windows XP yang dijalankan 14 hari untuk membuktikan angka itu benar-benar bilangan prima. Lebar bilangan prima temuan Findley itu hampir satu juta digit dibandingkan bilangan prima terbesar yang pernah dikenal. Angka ini termasuk kelas spesial angka prima langka yang disebut Mersenne Primes.
Sebelumnya, hanya 41 bilangan prima yang dikenal. Angka-angka prima pertama adalah 2, 3, 5, 7, 11, dst. Angka-angka tersebut dinamakan Marin Mersenne, peneliti Prancis yang mempelajari angka langka yang hidup 300 tahun silam. Angka prima sejak lama membuat peminat matematika terpana.

2 komentar:

  1. itu belum seberapa. Msih ingat teka teki menara hanoy di kampus. biasanya cuma ada 6 lempengan saja. coba selessaikan jika ada 64 lempengan. Jika bisa mindahin 64 lempengan dari satu tiang ke tiang yang lain maka dunia akan kiamat. Gak percaya. Coba saja.......

    BalasHapus
  2. Ada dua lilin tingginya sama lilin A akan habis pada 5 jam. lilin B akan habis pada 4 jam. Kapan lilin A 4 kali lilin B.

    BalasHapus

what's your comment...???