ELMATRIA

EKSPLORASI MATEMATIKA CERIA

Rabu, 28 Januari 2009

Mengapa matematika tidak disukai siswa



?Mengapa matematika tidak disukai anak?

  • Matematika yang mempunyai objek kajian abstrak,

Juga diajarkan dengan cara abstrak pula

  • Pembelajaran tidak menarik
  • Tidak ada kesempatan siswa untuk beridealis
  • Didaktik pendidikan : tdk ada kesempatan mengaktualisiskan ide-ide yang dipelajari.
  • Informasi dangkal
  • Kurang praktek
  • Falsafah dari atas ke bawah (diturunkan dari disiplin ilmu tertentu bukan kehidupan sehari hari)
  • Konsep belum terintegrasi dan menyatu dengan disiplin ilmu


Bagaimana agar siswa suka matematika ?

  • Pembelajaran matematika dengan cara mengkonkritkan objek matematika (“the use of conteks”)
  • Pembelajaran dengan cara yang menyenangkan (“interaction”)
  • Berikan kesempatan pada siswa mengeluarkan ide, tunjukkan cara-cara letak kesalahan siwa, tanpa menyalahkan secara langsung (‘didactical phenomology’)
  • Berikan informasi lain yang berhubungan dengan konsep (hubungkan konsep-konsep matematika dengan konsep lain, atau bidang kehidupan lain yang berhubungan) (“structuring and intertwining”)
  • Beri kesempatan pada siswa untuk praktek agar mendukung pencapaian pemahaman secara dalam (“contribution”)
  • Mulailah pembelajaran matematika dari masalah nyata untuk membangun ssebuah konsep (rumus, definisi, pengertian, teorama) lalu gunakan untuk memecahkan masalah yang lebih luas jangan dari konsep ke contoh masalah (‘guided re-invention’)
  • Integrasikan konsep-konsep lain yang berhubungan dengan materi yang dipelajari (‘structuring and intertwining’)
  • Dari semua itu.. usahakan untuk selalu merefresh otak siswa dengan megajak mereka melakukan gerakan-gerakan menyenangkan, sesuai opini “OTAK AKAN BEKERJA JIKA DIDAHULUI DENGAN GERAKAN”

3 komentar:

what's your comment...???